Bantuan Biaya Pendidikan bagi yang mau Kuliah tapi tidak Punya Biaya

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Jumpa kembali dengan asamteaey.kali ini saya mau berbagi informasi tentang Program Pemerintah bagi para siswa-siswi yang lulusan sekolah tingkat SLTA atau sederajat yang pingin kuliah tapi tidak punya biaya.
Sebelum dilanjut saya mau bercerita dulu, ada seaorang anak perempuan dari kuluarga yang pekerjaanya sebagai buruh tani, dengan penghasilan 10.000 per hari. Anak perempuan tersebut baru lulus dari sekolah tingkat SLTA, dia punya cita-cita yang begitu bagus ingin menjadi seorang Doktor. Dan pada suatu hari anak perempuan itu bilang kepada ayahnya yang baru pulang kerja; Bapak saya punya cita-cita pingin jadi Doktor dan saya pingin kuliah seperti teman-teman saya kata anak perempuan itu, lalu bagaimana jawaban  bapaknya, tidak ada jawaban kecuali air mata yang membasahinya.
Dengan cerita inilah mungkin saja ada siswa-siswi yang baru lulus tingakat SLTA pingin kuliah tapi tidak punya biaya, solusinya adalah ikut program bidikmisi.

Apa itu Bidikmisi ?
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.? Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).
Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Apa Persyaratan Bidikmisi 2019 ?
Persyaratan untuk mendaftar tahun 2019 adalah sebagai berikut:
1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, memiliki identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.
2. Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
1.    Siswa  Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)  atau
2.    Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
1.    Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
2.    Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
3.    Seleksi mandiri PTN.
4.    Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
5.    PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.
Kapan Waktu Pendaftaran Bidikmisi
Jadwal kegiatan Bidikmisi tahun 2019 dapat dilihat pada laman berikut :
bidikmisi.ristekdikti.go.id
Perlu kami sampaikan bahwa jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu dan jika terdapat perubahan akan diumumkan melalui laman ini.

Bagaimana Cara Mendaftarnya ?
Bagi siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dapat langsung mendaftar di Sistem Bidikmisi.


Berikut alamatnya: https://bidikmisi.ristekdikti.go.id/siswa/default/login sedangkan bagi siswa yang tidak punya kartu (KIP) silahkan untuk minta di daftarkan oleh sekolah berikut alamatnya: https://bidikmisi.ristekdikti.go.id/sekolah atau minta rekomendasi dari sekolah, rekomendasi sekolah wajib diberikan pada pendaftar bidikmisi untuk menjamin pendaftar
•    Tidak mampu secara ekonomi
•    Berpotensi akademik baik
Dalam kasus luar biasa, seperti sekolah sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, sekolah ada pada daerah bencana dan hal lainnya yang dianggap mendesak dan luar biasa pendaftar bisa menghubungi panitia melalui bidikmisi@ristekdikti.go.id  untuk diberikan solusi.
Sekolah yang menolak merekomendasikan karena alasan apapun untuk calon pendaftar (baik yang akan lulus / alumni) yang memenuhi persyaratan dapat dilaporkan ke panitia ke bidikmisi@ristekdikti.go.id untuk dikoordinasikan.

Apakah Bidikmisi Gratis ?
Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut:
1.    Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya
2.    Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan PT
3.    Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
4.    Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi
5.    Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah
Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi di luar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@ristekdikti.go.id

Apa Standart Pelayanan Bidikmisi ?
Pelayanan Pendaftaran
Layanan yang wajib diberikan oleh Kemenristekdikti adalah sebagai berikut
•    Verifikasi pendaftaran sekolah (1x24 jam kerja) pada hari kerja, maksimal 3 hari kalender
•    Disposisi pertanyaan (1x24 jam kerja) pada hari kerja, maksimal 3 hari kalender
•    Jawaban dari pertanyaan setelah disposisi (1x24 jam kerja) pada hari kerja, maksimal 3 hari kalender

Layanan Wajib Penerima
Layanan yang wajib diberikan oleh perguruan tinggi penyelenggara program adalah sebagai berikut
•    Penyaluran bantuan biaya hidup dilakukan pada awal periode
•    Bebas Biaya pendidikan yang dibayarkan ke PT seperti BOP, IKOMA, SPP, DPP dan lain sebagainya yang sekarang disebut UKT (Uang Kuliah Tunggal)

Layanan Opsional
Layanan yang diberikan berdasarkan pertimbangan dan fasilitas PT
•    Akomodasi
•    Subsidi uang buku
•    Subsidi alat belajar (laptop)
•    Biaya lain terkait pendidikan yang tidak dibayarkan lansgung ke PT

sekian dan terima kasih untuk lebih jelasnya silahkan hubungi langsung atau di link berikut : https://bidikmisi.ristekdikti.go.id/petunjuk/index

Semoga Sukses selalu

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bantuan Biaya Pendidikan bagi yang mau Kuliah tapi tidak Punya Biaya"

  1. guru - guru ku blogger master .....

    https://portal-iman.online

    ReplyDelete