Soal PJOK kelas 8 SMP berikut Kunci Jawaban

 

A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling benar.

1.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola.



    Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola adalah . . . .
    a.    mengumpan, menggiring, menahan, menembak ke gawang
    b.    menahan, mengumpan, menggiring, menembak ke gawang
    c.    menggiring, mengumpan, menahan, menembak ke gawang
    d.    mengumpan, menahan, menggiring, menembak ke gawang

2.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola.


    Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola adalah . . . .
a.    menahan, mengumpan, menembak ke gawang
b.    menahan, menembak ke gawang, mengumpan
c.    mengumpan, menahan, menembak ke gawang
d.    mengumpan, menembak ke gawang, menahan

3.    Awalan, kaki lurus sejajar dengan bola, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan jari kaki menghadap ke depan dan lutut sedikit ditekuk. Daerah pergelangan kaki bagian dalam kontak dengan bola, sedangkan bola disepak tepat pada titik tengahnya, dan pandangan mata melihat ke arah bola. Gerakan ini merupakan teknik menendang bola dengan menggunakan  . . . .
a.    kaki bagian dalam
b.    kaki bagian luar
c.    punggung kaki
d.    kura-kura kaki

4.    Perhatikan gambar berikut ini.


    Berdasarkan gambar di atas, urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepak bola adalah . . . .
a.    menahan, mengumpan, menembak ke gawang
b.    menahan, menembak ke gawang, mengumpan
c.    mengumpan, menahan, menembak ke gawang
d.    mengumpan, menembak ke gawang, menahan

5.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
1)    Sambil melangkah salah satu kaki ke depan.
2)    Dorongkan badan dengan sikap condong.
3)    Leher ditegangkan dan pandangan ke arah bola.
4)    Sundulan dilakukan dengan menggunakan dahi.

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan cara melakukan keterampilan gerak menyundul bola . . . .
a.    sambil melompat
b.    sambil melayang
c.    sambil menjatuhkan diri
d.    dengan awalan

6.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli.



    Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli adalah . . . .
a.    servis, passing bawah, passing atas, smes, block
b.    servis, passing atas, passing bawah, smes, block
c.    servis, passing atas, smes, passing bawah, block
d.    servis, passing bawah, passing atas, block, smes

7.    Setelah lengan mengenai bola, kaki belakang melangkah ke depan untuk mengambil posisi siap kembali dan lengan untuk passing ke depan (tidak melebihi sudut 90? dengan bahu/badan). Teknik  ini merupakan gerakan akhir . . . .
a.    passing bawah
b.    passing atas
c.    smesh
d.    block/bendungan

8.    Perhatikan gambar berikut ini!


    Berdasarkan gambar di atas, urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola voli adalah . . . .
a.    passing atas dan  smes
b.    passing bawah dan smes
c.    passing bawah dan passing atas
d.    passing atas dan bendungan

9.    Di bawah ini merupakan urutan gerakan yang harus dilakukan oleh smesher/spiker dalam permainan bola voli.
1)    Langkah          
2)    Memukul bola saat melayang di udara
3)    Tolakan untuk meloncat
4)    Saat mendarat kembali setelah memukul bola
Urutan gerakan yang harus dilakukan oleh smesher/spike adalah . . . .
a.    1, 2, 3, 4
b.    1, 3, 2, 4
c.    2, 1, 4, 3
d.    3, 4, 1, 2

10.    Berikut ini merupakan urutan gerakan block/bendungan yang harus dilakukan oleh pemain dalam permainan bola voli.
1)    Bergerak menuju arah bola
2)    Kontak dengan bola
3)    Take-off atau melompat
4)    Mendarat

Urutan gerakan yang harus dilakukan oleh pemain bola voli dalam melakukan block/ bendungan adalah . . . .
a.    1, 2, 3, 4
b.    1, 3, 2, 4
c.    2, 1, 4, 3
d.    3, 4, 1, 2

11.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola basket.


    Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola basket adalah . . . .
a.    melempar, menangkap, menggiring, menembak
b.    melempar, menangkap, menggiring, pivot
c.    menangkap, menggiring, pivot menembak
d.    menggiring, menangkap, pivot, menembak

12.    Perhatikan gambar berikut ini.


    Berdasarkan gambar di atas, urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket adalah . . . .
a.    melempar, menangkap, menggiring
b.    menangkap, menggiring, menembak
c.    menggiring, menangkap, menembak
d.    melempar, menangkap, menembak


13.    Menggiring bola merupakan suatu usaha untuk membawa bola menuju ke depan/ke lapangan lawan. Apabila hendak menyerang ke daerah lawan dengan cepat, maka teknik menggiring bola yang tepat adalah dengan menggiring bola . . . .
a.    di tempat
b.    sambil berjalan
c.    sambil berlari
d.    tergantung pada pemain

14.    Pemain bergerak menangkap bola sambil melayang dan melompat ke depan. Tangkapan dilakukan dengan teknik tangkapan dua tangan. Gerakan tersebut merupakan teknik menembak bola sambil melayang (lay-up shoot) pada tahapan . . . .
a.    sikap permulaan/awal
b.    sikap menembak bola
c.    gerak pelaksanaan
d.    gerak lanjutan (follow through)

15.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
1)    Berdiri dengan kedua kaki agak ditekuk, kaki kanan di depan, sedangkan kaki kiri di belakang.
2)    Lengan kanan berada berada di depan, atas kepala, sikut menghadap ke depan, dan tangan kiri menjaga bola.
3)    Pandangan melalui bawah bola diarahkan ke ring.
4)    Kedua lutut diluruskan, bersamaan dengan tangan kiri yang melepaskan bola dan lengan kanan mendorong bola ke arah ring.
5)    Ujung-ujung jari tangan yang digunakan menembak  ikut mendorong bola mengarah ke atas.

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan cara melakukan keterampilan gerak menembak bola . . . .
a.    dua tangan di atas kepala
b.    dari depan dada
c.    sambil meloncat
d.    satu tangan di atas kepala

16.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan rounders.


    Berdasarkan gambar di atas, variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan rounders yang diperagakan adalah . . . .
a.    melempar dan menangkap bola menggelundung
b.    melempar dan menangkap bola melambung
c.    melempar dan menangkap bola lurus/mendatar
d.    melempar dan menangkap bola rendah

17.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan rounders.


    Berdasarkan gambar di atas, variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan rounders yang diperagakan adalah . . . .
a.    melempar dan menangkap bola melambung
b.    melempar dan menangkap bola lurus/mendatar
c.    melempar dan menangkap bola rendah
d.    melempar dan menangkap bola menggelundung

18.    Tujuan pembelajaran variasi gerakan melempar dan menangkap bola permainan rounders adalah . . . .
a.    mematangkan teknik dasar
b.    keterampilan teknik dasar
c.    mengombinasikan gerakan
d.    memperagakan teknik dasar

19.    Variasi dalam permainan rounders merupakan gabungan beberapa gerak dasar yang dilakukan dalam . . . .
a.    beberapa rangkaian gerakan
b.    dua rangkaian gerakan
c.    semua rangkaian gerakan
d.    satu rangkaian gerakan  

20.    Saat memukul bola, pegang alat/kayu pemukul dengan tangan kanan, kemudian ayunkan ke . . . .
a.    samping
b.    atas
c.    belakang
d.    bawah

21.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulu tangkis.


    Berdasarkan gambar di atas, variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulu tangkis yang diperagakan adalah . . . .
a.    servis pendek backhand dan pukulan forehand
b.    servis panjang forehand dan pukulan backhand
c.    servis panjang backhand dan pukulan forehand
d.    servis pendek forehand dan pukulan backhand

22.    Perhatikan gambar berikut ini.


    Berdasarkan gambar di atas, urutan variasi teknik dasar permainan bulu tangkis adalah . . . .
a.    servis pendek backhand dan pukulan forehand
b.    servis panjang backhand dan pukulan backhand
c.    servis pendek backhand dan pukulan backhand
d.    servis pendek forehand dan pukulan forehand

23.    Teknik melangkahkan kaki (footwork) dalam permainan bulu tangkis antara lain . . . .
a.    langkah berurutan dan silang
b.    langkah silang dan lebar
c.    langkah lebar dan mundur
d.    langkah berurutan, silang, dan lebar

24.    Pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan kok ke daerah lawan dengan menjatuhkan kok sedekat mungkin dengan net. Pukulan yang dilakukan tidak banyak membutuhkan tenaga, tetapi yang penting dilakukan dengan cara melakukan pukulan dengan persentuhan yang halus. Gerakan tersebut merupakan pukulan dengan teknik pukulan . . . .  
a.    servis
b.    dropshot
c.    smash
d.    drive

25.    Suatu gerakan ayunan tangan yang cepat, mendadak dan menghasilkan pukulan yang keras serta menerjurkan kok secara curam.  Tenaga yang digunakan pukulan ini cukup besar, sehingga perlu perhitungan yang masak-masak untuk menggunakan pukulan ini. Gerakan tersebut merupakan pukulan dengan teknik pukulan . . . .
a.    lob
b.    dropshot
c.    smash
d.    drive

26.    Perhatikan gambar berikut ini.


    Berdasarkan gambar di atas, urutan variasi gerak spesifik permainan tenis meja adalah . . . .
a.    servis forehand dan pukulan forehand
b.    servis forehand dan pukulan backhand
c.    pukulan forehand dan backhand
d.    servis forehand, pukulan backhand, dan forehand

27.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan tenis meja.


    Berdasarkan gambar di atas, variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan tenis meja yang diperagakan adalah . . . .
a.    pukulan forehand dan backhand
b.    pukulan backhand dan forehand
c.    servis forehand dan pukulan backhand
d.    servis forehand dan pukulan forehand

28.    Gerak spesifik memukul bola dengan gerakan menghentikan atau membendung bola dengan sikap bet tertutup. Pukulan ini biasanya digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive atau bola-bola dengan putaran atas (top spin). Gerakan tersebut merupakan pukulan . . . .
a.    push
b.    block
c.    drive
d.    chop

29.    Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
1)    Posisi badan menghadap penuh ke arah meja.
2)    Biasanya posisi ini digunakan untuk siap menerima servis dari lawan.
3)    Dengan satu langkah ke samping kiri, kanan atau ke depan, ke belakang maupun diagonal, pemain diharapkan dapat mengembalikan bola dengan baik.  

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan sikap stance . . . .
a.    side stance
b.    under stance
c.    square stance
d.    twis stance

30.    Gerak spesifik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak atau disebut juga gerakan membacok. Pukulan ini dapat digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam-macam. Gerakan tersebut merupakan pukulan . . . .
a.    service
b.    drive
c.    push
d.    chop

31.    Di dalam perlombaan jalan cepat, hal yang harus diperhatikan oleh setiap pejalan cepat adalah hal gerak langkah maju ke depan dengan salah satu kaki selalu tetap kontak dengan tanah. Urutan teknik jalan cepat adalah . . . .
a.    start, teknik jalan cepat, finis
b.    start, langkah kaki, finis
c.    start, langkah kaki, ayunan lengan
d.    langkah kaki, ayunan lengan, finis


32.    Tempatkan kaki kiri di belakang garis start, kaki kanan di belakang kaki kiri. Badan agak condong ke depan. Gerakan tersebut merupakan start jalan cepat pada aba-aba . . . .
a.    persiapan awal
b.    melangkah
c.    bersedia
d.    siaap

33.    Fase gerakan ini dimulai setelah gerakan terdahulu selesai. Gerakan ini dilakukan oleh kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan. Gerakan ini selesai apabila badan berada di atas kaki penopang. Gerakan tersebut merupakan jalan cepat fase . . . .
a.    rileksasi
b.    dorongan
c.    tumpuan dua kaki
d.    tarikan

34.    Gerak spesifik jalan cepat dapat dilakukan melalui beberapa fase. Fase ini dilakukan apabila fase terdahulu selesai dan bila titik pusat gravitasi badan mengambil alih kaki tumpu. Gerakan ini merupakan fase . . . .
a.    tumpuan dua kaki
b.    tarikan kaki
c.    relaksasi
d.    dorongan kaki

35.    Badan dan kepala diusahakan tetap vertikal, lengan bengkok pada siku dengan sudut ±90º. Kaki belakang, setelah melakukan dorongan dengan sempurna, bergerak maju ke depan, bengkok, dan ujung jari kaki dekat dengan tanah. Kaki depan ditarik ke belakang dan diluruskan sampai mencapai penarikan dan dorongan. Gerakan tersebut merupakan jalan cepat pada . . . .
a.    melangkahkan kaki
b.    memasuki garis finis
c.    lintasan lurus
d.    lintasan tikungan

36.    Cara pemberian tongkat estafet dimana si pemberi tongkat tanpa menoleh ke belakang dinamakan . . . .
a.    blink
b.    sight pass
c.    visual
d.    nonvisual

37.    Start yang digunakan oleh pelari ke-2, ke-3, dan ke-4 dalam perlombaan lari estafet 4 X 100 meter adalah start . . . .
a.    melayang
b.    berdiri
c.    jongkok
d.    pendek

38.    Cara pemberian tongkat estafet untuk lari 4 X 400 meter, sebaiknya menggunakan cara . . . .
a.    blink
b.    sight pass
c.    visual
d.    nonvisual

39.    Suatu regu lari estafet terdiri dri pelari-pelari yang baik hanya akan dapat memenangkan perlombaan. Pelari ke-2 ditempatkan di daerah start pertama dengan lintasan . . . .
a.    lurus
b.    tikungan
c.    berkelok-kelok
d.    tidak ada ketentuan

40.    Suatu regu lari estafet terdiri dri pelari-pelari yang baik hanya akan dapat memenangkan perlombaan. Pelari ke-1 ditempatkan di daerah start kedua dengan lintasan . . . .
a.    lurus
b.    tikungan
c.    berkelok-kelok
d.    tidak ada ketentuan

41.    Gaya lompat tinggi saat melewati mistar badan melewati tiang/mistar dengan cara diputar dan dibalikkan. Gerakan ini merupakan lompat tinggi gaya . . . .
a.    western roll
b.    scott
c.    straddle
d.    flop

42.    Di bawah ini merupakan gerakan lompat tinggi antara lain:
1)    Awalan/ancang
2)    Melewati mistar
3)    Tumpuan/tolakan
4)    Mendarat

Dari pernyataan di atas, urutan-urutan yang benar dalam gerakan lompat tinggi adalah . . . .
a.    1, 2, 3, 4
b.    1, 3, 2, 4
c.    1, 2, 4, 3
d.    1, 3, 4, 2


43.    Sikap badan di atas mistar menentukan pelompat melakukan lesatan ke atas, depan dan jatuh dalam keadaan yang mulus. Berikut ini yang tidak termasuk gerakan melewati mistar adalah . . . .
a.    badan dengan cepat dibalikkan
b.    kaki tolak digerakkan dari samping
c.    pantat lebih rendah dari pundak
d.    tangan kiri diayunkan dan dilipat di atas punggung

44.    Saat mendarat adalah penting agar tubuh pelompat dapat jatuh dengan sempurna dan tidak menimbulkan cidera. Yang pertama kali jatuh saat mendarat yaitu . . . .
a.    badan dengan cepat dibalikkan
b.    kaki tolak digerakkan dari samping
c.    pantat lebih rendah dari pundak
d.    kaki ayun dan kedua tangan

45.    Melakukan tolakan yang tepat dengan keseimbangan yang sempurna akan membantu pelompat meraih daya lenting. Berikut ini yang tidak termasuk gerakan melewati mistar adalah . . . .
a.    kaki tolak ditolakkan sekuat-kuatnya
b.    badan agak diturunkan atau direndahkan
c.    kaki tolak dibengkokkan
d.    kaki ayun dibengkokkan

46.    Untuk mencapai lemparan yang jauh, seorang pelempar lembing harus memahami dan menguasai gerak spesifik lempar lembing. Urutan gerak spesifik dalam melakukan lempar lembing adalah . . . .
a.    memegang lembing, sikap badan saat akan melempar lembing, melempar lembing, dan menjaga keseimbangan
b.    memegang lembing, sikap badan saat akan melempar lembing, menjaga keseimbangan, dan melempar lembing
c.    memegang lembing, menjaga keseimbangan, sikap badan saat akan melempar lembing, melempar lembing
d.    menjaga keseimbangan, melempar lembing, sikap badan saat akan melempar lembing, dan melempar lembing

47.    Gerakan ini dimulai dari tangan kanan yang membawa lembing, kemudian lembing dijulurkan dari atas pundak dibelakang badan. Gerakan ini merupakan fase . . . . lempar lembing.
a.    memegang lembing
b.    melempar lembing
c.    menjaga keseimbangan
d.    sikap badan saat akan melempar lembing

48.    Perhatikan cara melakukan gerakan berikut ini.
1)    Taruhlah lembing di atas bahu.
2)    Rentangkan kedua tangan merangkul lembing.
3)    Putarlah badan ke kiri dan ke kanan.
4)    Kedua lutut kaki sedikit dibengkokkan.
Gerakan tersebut di atas merupakan cara melakukan lempar lembing pada tahap . . . .
a.    persiapan awal
b.    awalan/ancang-ancang
c.    pelaksanaan
d.    melempar/melepaskan lembing

49.    Berdiri tegak, kedua kaki dibuka. Kaki kiri di depan, dan kaki kanan di belakang menyamping arah lemparan. Lutut kaki kanan ditekuk ke depan ke samping badan. Badan condong ke belakang, pandangan ke arah lemparan. Gerakan tersebut merupakan cara melakukan lempar lembing pada tahap . . . .
a.    persiapan awal
b.    awalan/ancang-ancang
c.    sikap tubuh melempar lembing
d.    melempar/melepaskan lembing

50.    Lembing dilepaskan pada saat tangan yang memegang lembing . . . .
a.    ditarik ke depan
b.    ditarik ke belakang
c.    dibengkokkan
d.    lurus ke depan

51.    Posisi kaki tertentu, sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela-serang.  Dalam sikap kuda-kuda, badan dalam keadaan seimbang, tetapi dapat mudah bergerak. Gerakan ini merupakan sikap . . . .
a.    berdiri tegak
b.    berdiri kangkang
c.    pasang
d.    berdiri kuda-kuda

52.    Pada teknik tendangan tidak berbeda dengan serangan lengan, dimana terdapat bermacam-macam penggunaan variasi bagian kaki, antara lain :  unggung kaki, telapak kaki, ujung kaki, tumit kakisisi kaki, dan pergelangan kaki.  Semua teknik serangan tungkai tersebut tergantung pada . . . .
a.    sikap pasang dan pola langkah
b.    sikap pasang dan gerak gerik lawan
c.    sikap kuda-kuda dan pola langkah
d.    sikap pasang dan gerak gerik lawan

53.    Suatu usaha pembelaan dengan cara memindahkan bagian-bagian badan yang menjadi sasaran serangan lawan dengan melangkah atau memindahkan kaki dinamakan . . . .
a.    pembelaan
b.    elakan
c.    hindaran
d.    tangkisan
54.    Suatu usaha pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang tidak berpindah tempat dinamakan . . . .
a.    serangan
b.    elakan
c.    hindaran
d.    tangkisan

55.    Usaha pembelaan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan. Kontak langsung tersebut bertujuan mengalihkan serangan dari lintasannya dan membendung atau menahan serangan (jika terpaksa).  Teknik gerakan ini merupakan . . . .
a.    menangkis
b.    mengelak
c.    menebak
d.    menghindar

56.    Kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebanan ?sik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan yang berarti. Definisi tersebut merupakan makna dari . . . .
a.    kaidah-kaidah kebugaran jasmani
b.    prinsip-prinsip kebugaran jasmani
c.    tujuan kebugaran jasmani
d.    hakikat kebugaran jasmani

57.    Kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan dinamakan  . . . .
a.    keseimbangan
b.    kelenturan
c.    kecepatan
d.    kelincahan

58.    Bentuk-bentuk latihan kelincahan untuk meningkatkan kebugaran jasmani di bawah ini adalah . . . .
a.    naik turun bangku, berjalan dengan kedua lengan
b.    naik palang tunggal, mengayun di palang sejajar
c.    shuttle-run, lari zig-zag, squat-thrust, gerakan bereaksi
d.    push up, sit - up, back up, backlick

59.    Komponen kebugaran jasmani terdiri dari dua macam, yaitu yang berkaitan dengan kesehatan dan keterampilan. Komponen kebugaran jasmani yang berkaitan dengan keterampilan adalah . . . .
a.    kekuatan otot, daya tahan otot, kecepatan, ?eksibilitas
b.    daya tahan otot, kecepatan, kelenturan, kelincahan
c.    daya tahan otot, daya tahan aerobik, kelenturan, kecepatan
d.    kecepatan, power, keseimbangan, kelincahan
60.    Latihan berdiri sikap bangau, berdiri sikap kapal terbang, berdiri dengan satu kaki merupakan bentuk latihan untuk meningkatkan . . . .
a.    kecepatan (speed)
b.    kelincahan (agility)
c.    keseimbangan (balance)
d.    daya tahan jantung dan paru-paru

61.    Diawali dengan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan. Gerakan tersebut merupakan sikap awal dari gerakan . . . .
a.    ayunan dua lengan depan belakang
b.    ayunan satu lengan ke samping
c.    ayunan satu lengan depan belakang
d.    ayunan dua lengan silang depan di depan badan

62.    Ayunkan lengan kiri ke belakang diikuti kedua lutut mengeper. Gerakan ini merupakan bentuk . . . .
a.    ayunan satu lengan ke samping
b.    ayunan satu lengan ke samping
c.    ayunan satu lengan depan belakang
d.    variasi ayunan lengan

63.    Sikap permulaan berdiri, kaki kiri melangkah, kedua lengan lurus ke depan. Gerakan ini merupakan bentuk . . . .
a.    ayunan satu lengan ke samping
b.    ayunan satu lengan ke samping
c.    ayunan dua lengan depan belakang
d.    ayunan dua lengan depan belakang

64.    Diawali dengan berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan ke samping. Gerakan tersebut merupakan sikap awal dari gerakan . . . .
a.    ayunaan satu lengan ke samping
b.    ayunan dua lengan ke samping
c.    ayunan dua lengan silang depan di depan dada
d.    variasi langkah ke depan dan gerakan tangan ke atas

65.    Kaki kiri dirapatkan dan kedua lengan kembali ke samping badan. Gerakan tersebut merupakan sikap akhir dari gerakan . . . .
a.    ayunaan satu lengan ke samping
b.    ayunan dua lengan ke samping
c.    variasi langkah ke depan dan gerakan tangan ke atas
d.    variasi langkah ke samping dengan gerak tangan memutar



66.    Penyebab pergaulan bebas yang dialami remaja dapat dikategorikan menjadi dua faktor, yaitu: faktor internal dan eksternal. Selain faktor internal dan eksternal, ada faktor lain yang secara umum dapat menyebabkan terjadinya pergaulan bebas, yaitu . . . .
a.    pergaulan, pornografi, orang tua
b.    pornografi, pengaruh obat, lingkungan
c.    pergaulan, pornografi, pengaruh obat
d.    pengaruh obat, orang tua, lingkungan

67.    Melakukan hubungan seks secara bebas merupakan akibat pertama dari pergaulan bebas yang merupakan lingkaran setan yang tidak ada putusnya dengan berbagai akibat di berbagai bidang antara lain di bidang sosial, agama dan kesehatan. Hubungan seks secara bebas akan berujung kepada . . . .
a.    malapetaka bagi pelakunya
b.    masa depan yang suram
c.    terjangkitnya penyakit HIV/AIDS
d.    pertumbuhan tubuh terhambat

68.    Peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, penyaluran minat dan bakat secara positif merupakan hal-hal yang dapat membuat setiap orang mampu mencapai kesuksesan hidup nantinya. Salah satu solusi mencegah pergaulan bebas adalah . . . .
a.    menjaga pola hidup
b.    jujur pada diri sendiri
c.    memahami bahaya seks bebas
d.    berpikir secara kritis dan dewasa

69.    Pergaulan bebas telah banyak dikenal orang, tetapi banyak yang belum memahaminya. Hal ini dapat dimengerti karena norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat kita belum memungkinkan untuk membicarakan secara terbuka. Secara umum tujuan pendidikan tentang pergaulan bebas adalah . . . .
a.    terhindari dari hal-hal yang melanggar asusila yang dapat merugikan diri sendiri
b.    memiliki pengetahuan tentang seks bebas agar terhindar dari malapetaka  
c.    untuk menghasilkan manusia dewasa dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain
d.    dapat memberikan edukasi tentang seks baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun orang lain

70.    Keluarga merupakan benteng pertama dalam menghadapi merebaknya pergaulan bebas di kalangan remaja. Karenanya peranan keluarga yang bijak terhadap masalah pergaulan bebas sangatlah penting untuk perkembangan kehidupan remaja. Salah satu pencegahan pergaulan bebas bagi kaum remaja adalah  . . . .
a.    berpandang-pandangan dengan lawan jenis
b.    mendekatkan diri dengan Maha pencipta
c.    mengisi masa remaja dengan hal yang positif
d.    menghindari berdua-duaan di tempat sepi

71.    Faktor penyebab pergaulan bebas yang dialami remaja dapat dikategorikan menjadi dua faktor yaitu . . . .
a.    internal dan lingkungan
b.    eksternal dan lingkungan
c.    internal dan eksternal
d.    lingkungan dan sosial

72.    Faktor paling terbesar memberi terjadinya perilaku menyimpang seseorang remaja yaitu . . . .
a.    orang tua dan keluarga
b.    keluarga dan sahabat
c.    lingkungan dan sekolah
d.    lingkungan dan sahabat

73.    Dampak dari pergaulan bebas akan berakhir berujung kepada . . . .
a.    pelecehan seksual
b.    masa depan suram
c.    HIV/AIDS
d.    pelanggaran norma

74.    Seks secara bebas merupakan akibat pertama dari pergaulan bebas yang merupakan lingkaran setan yang tidak ada putusnya dengan berbagai akibat di berbagai bidang antara lain di bidang . . . .
a.    sosial, agama, dan kesusilaan
b.    sosial, agama dan kesehatan
c.    agama, kesehatan, kesusilaan
d.    agama, kesusilaan, dan kekeluargaan
 
75.    Suatu kebiasaan buruk berupa manipulasi terhadap alat genital dalam rangka menyalurkan hasrat seksual untuk pemenuhan kenikmatan yang seringkali menimbulkan goncangan pribadi dan emosi dinamakan . . . .
a.    masturbasi atau onani
b.    berpacaran
c.    penyimpangan seksual
d.    mentuasi

76.    Suatu program untuk menurunkan angka kecelakaan beserta seluruh akibatnya merupakan . . . .
a.    keselamatan lalu lintas
b.    tertib berlalulintas
c.    taat berlalulintas
d.    hakikat berlalulintas

77.    Kecelakaan di jalan raya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi jalan yang tidak baik, kendaraan yang tidak layak jalan dan . . . .
a.    cuaca yang berubah-ubah
b.    kelalaian manusia
c.    pengendara ugan-ugalan
d.    ban kendaraan yang gundul

78.    Keselamatan berlalulintas bertujuan untuk . . . . lalu lintas di jalan.
a.    mencegah kecelakaan
b.    menghindari kecelakaan
c.    menurunkan korban
d.    mengurangi kecelakaan

79.    Suatu tempat yang penuh dengan kendaraan bermotor yang saling berpacu untuk mencapai tempat tujuan masing-masing disebut . . . .
a.    jalan untuk pejalan kaki
b.    tempat penyeberangan
c.    tempat parkir
d.    jalan raya

80.    Suatu pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi kendaraan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas yang akibatnya dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain disebut . . . .
a.    pelanggaran akibat manusia
b.    pelanggaran pengemudi
c.    pelanggaran berkendaraan
d.    pelanggaran lalulintas

81.    Terhindar dari kecelakaan lalu lintas merupakan manfaat yang diperoleh bagi  . . . .
a.    pengguna jalan raya
b.    orang lain
c.    diri sendiri
d.    pejalan kaki

82.    Salah satu hal yang dapat menghilangkan kesadaran seorang pengemudi yang sedang mengendarai kendaraannya  . . . .
a.    gangguan penglihatan
b.    kurang konsentrasi
c.    gangguan cuaca
d.    kerusakan jalan



83.    Faktor yang paling dominan dalam kecelakaan berlalu lintas diakibatkan oleh . . . .
a.    manusia
b.    kendaraan
c.    jalan
d.    cuaca

84.    Upaya penangkalan di dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas, pada dasarnya meliputi perekayasaan berbagai bidang yang berkaitan dengan masalah transportasi, yang dilaksanakan melalui koordinasi yang baik antar instansi terkait merupakan metode . . . .
a.    preventif
b.    pre-emptif
c.    kuratif
d.    rehabilitatif

85.    Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak . . . .
a.    1 juta rupiah
b.    2 juta rupiah
c.    3 juta rupiah
d.    5 juta rupiah


Jawaban : Kunci jawaban PJOK Kelas 8 SMP
Halaman Selanjutnya:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal PJOK kelas 8 SMP berikut Kunci Jawaban"

Post a Comment